Diare merupakan wabah yang menyerang berbagai kalangan, tak hanya pada orang dewasa namun juga anak-anak, termasuk bayi. Penyebabnya utama diare umumnya dikarenakan terjadinya malnutrisi akibat polusi udara, air dan pencemaran makanan. Selain itu serangan Rotavirus maupun bakteri dapat pula menyebabkan penyakit ini.

Mengingat menyiksanya penyakit ini, deteksi sejak dini sangatlah penting dilakukan. Tujuannya untuk dapat mencegah dan sesegera mungkin mengobati gejala yang muncul. Meski tampak sepele, ternyata diare cukup berbahaya dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian pada bayi. Untuk itu, kanali ciri-ciri diare dan segera lakukan penangangan jika buah hati mengalami hal-hal berikut ini.

  1. Bererapa kali mengalami muntah-muntah
  2. Nampak lesu
  3. Tinja memiliki warna tak umum seperti hitam, putih, atau merah
  4. Terdapat nanah atau darah pada tinja bayi
  5. Bayi mengalami sakit perut
  6. Demam di atas 39 derajat celcius
  7. Adanya tanda-tanda dehidrasi

Lakukan penanganan sesegera mungkin jika bayi mengalami ciri-ciri yang disebutkan di atas. Persiapkan pengobatan yang sesuai, setidaknya segera berikan oralit untuk mengatasi dehidrasi. Setelahnya konsultasikan kepada apoteker melalui layanan chat gratis di Goapotik. Anda dapat mengunduh secara langsung melalui Google Play atau mengakses langsung pada situs web berikut ini https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar.

Si kecil tengah mengalami beberapa ciri-ciri di atas, namun Anda masih belum yakin apakah ia tengah terjangkit diare atau bukan? Jika tak memungkinkan membawanya ke dokter karena situasi kondisi yang ada, entah karena akses yang sulit, tengah malam, atau hal lain, Anda bisa mengumpulkan informasi dan menganalisisnya sendiri melalui berbagai artikel di Guesehat.com. Anda pun bisa berkonsultasi langsung dengan dokter yang disediakan dengan mengaksesnya melalui link berikut ini https://www.guesehat.com/masalah-ringan-pada-anak-yang-bisa-jadi-adalah-gejala-kanker.

Jika si kecil benar-benar terindikasi diare, jangan sampai memuasakan bayi Anda. Terus berikan asupan cairan dalam jumlah lebih dari biasanya agar buah hati tetap terhidrasi. Selain itu, berikan asupan makanan secara berkala sedikit demi sedikit dengan frekuensi yang sering. Bawa langsung ke dokter jika pertolongan pertama yang Anda berikan tak kunjung membawa perubahan dan frekuensi muntah ataupun buang air besar semakin sering.